SEJARAH DAN PENJELASAN TENTANG ATLETIK

sebuah cabang olahraga yang cukup populer di dunia. Olahraga ini  terdiri dari berbagai sub cabang olahraga yang dikelompokan dalam beberapa sub olahraga yaitu lari, lempar dan lompat. Kali ini kami akan mengajak anda semua untuk mengenal akan pengertian dan sejarah atletik itu sendiri.






Pengertian Atletik

Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokan menjadi lari, lempar, dan lompat. Kata Atletik berasal dari bahasa Yunani " berarti " konte", pada awalnya olahraga atletik diadakan bertujuan untuk menunjukan siapa yang terkuat, tercepat dan tertinggi ( Portugis, Altius dan Stius) dari yang lainnya. Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama pada 776 SM. Atletik disebut juga cabang Ibu dari olahraga lainnya ( Mother of Sport). Induk organisasi olahraga atletik di Indonesia adalah PASI ( Persatuan Atletik Seluruh Indonesia).


Sejarah Atletik

Yunani adalah bangsa pertama yang menyelenggarakan  perlombaan olahraga atletik. Atletik sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu " Athlos" artinya adalah Lomba. Pada waktu itu cabang olahraga  atletik dikenal dengan pentahlon atau panca lomba dan decalthon atau dasa lomba.

Pada sebuah Buku Odysus karya dari Hemerun menjelaskan jika petualangan Odysus saat bekunjung ke kepulauan di sebelah selatan Yunani disambut oleh kepala suku dengan mengadakan upacara penyambutan. Di acara terebut ada beberapa lomba yang diperlombakan seperti lompat, lari, lempar cakram, gulat dan tinju. Sedangkan pada tahun 776 SM bangsa Yunani mengadakan Olympiade. dalam lomba tersebut pemenang adalah yang menjadi juara Petahlon.

Olympiade yang modern dilaksakan atas usulan dari seorang berasal dari Perancis yang bernama Baron Peire Louherbin pada tahun 1896 di Athena, Yunani. Dalam ajang ini cabang atletik merupakan tambang medali yang menjadi perebutan.

Organisasi Olahraga Atletik Internasional terbentuk pada 17 juli 1912 di Stocktom,  Swedia. Pembentukan tersebut bersamaan dengan Olympiade ke-5, Organisasi tersebut bernama " International Amateur Athletic Federation" atau dapat disingkat dengan IAAF.

Sejarah Atletik di Indonesia mulai terbentuk pada tanggal 3 September 1950, pada tahun tersebut Indonesia mendirikan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia atau biasa disebut dengan PASI.


Nomor Olahraga Atletik

Atletik bisa dibilang induknya olahraga, karena atletik memiliki banyak cabang. Cabang olahraga atletik tersebut dapat dikelompokan ke dalam nomor lari, lempar dan lompat. Setelah kita mengetahui pengertian dan sejarah Atletik itu sendiri, mari kita kita simak penjelasan mengenai cabang - cabang olahraga atletik.
A. Lari

Lari menurut kamus bahasa Indonesia adalah Gerakan melangkah dengan kecepatan tinggi, akan tetapi lari sangatlah berbeda dengan melangkah dikarenakan ketika kita melakukan lari kaki tidak bersamaan menyentuh tanah seperti kita berjalan. Dalam olahraga Atletik lari menjadi salah satu nomor yang dipertandingkan dan dibagi menjadi 3  (tiga) macam diantaranya :
1. Lari jarak pendek
Putra : 100 m, 200 m, 400 m
Putri : 100 m, 200 m, 400 m
2. Lari Jarak Menengah
Putra : 800 m, 1500 m, 3000 m , (special chose)
Putri : 800 m, 1500 m, 3000 m
3. Lari Jarah jauh  putra dan putri 5000 dan 10000 m
4. Lari Estapet
5.Lari Gawang
6. Lari Marathon Putra/ Putri 42.195 m.


Atletik : Pengertian, Sejarah, Cabang Atletik
Para pelari sedang melakukan Start lari jarak pendek ( sprint)
B. Lompat

Lompat menurut kamus bahasa Indonesia adalah Bergerak dengan mengangkat kaki yang diawali dengan awalan secara bersama - sama, dalam atletik lompat dibagi ke dalam beberapa cabang diantaranya :
Lompat tinggi
Lompat jauh
Lompat galah
dan Lompat Jangkit
Pada dasarnya dalam melakukan lompat ini ada beberapa teknik tumpuan, Melayang dan ketika mendarat.


Atletik : Pengertian, Sejarah, Cabang Atletik
Lompat Tinggi
C. Lempar

Lempar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah melontarkan jauh - jauh suatu benda. Lempar termasuk nomor yang dipertandingkan dalam Atletik. Ada dua jenis nomor lempar yang dipertandingkan dalam Atletik diantaranya Lempar - Lembing dan Lempar Cakram. Perbedaan Lempar Lembing dan Lempar Cakram adalah pada benda yang dilemparkannya, untuk lempar lembing alat yang digunakan adalah berupa tongkat terbuat dari bambu atau kayu dengan ujung yang runcing agar tongkat yang dilemparkan menancap pada arena lemparan. Sedangkan lempar cakram menggunakan alat yang terbuat dari karet berbentuk bundar pipih seperti pesawat UFO.


Atletik : Pengertian, Sejarah, Cabang Atletik
Lempar Cakram - Kejuaraan Dunia

Demikian uraian di atas tentang Ateltik

0 Response to "SEJARAH DAN PENJELASAN TENTANG ATLETIK"

Posting Komentar