SEJARAH STAND UP COMEDY

Setelah mengetahui apa itu standup comedy, kalian pasti mau taukan sejarah perkembangannya di dunia ataupun di Indonesia?
Nah kali ini admin bakal post sesuai dengan judul di atas yaitu, Sejarah Awal Berdirinya Stand Up Comedy di Dunia. So, tunggu apalagi! Ini penjelasan untuk kalian.
Dalam tulisannya The History Of Comedy: The First Stand Up, komedian Jim Mendrinos menyebutkan istilah stand up comedy dikenalkan tahun 1966 mengacu pada the Oxford English Dictionary dan Webster’s Collegiate Dictionary. Andrea Shannon Prussing-Hollowell dari Georgia State University dalam makalahnya Standup Comedy as Artistic Expression: Lenny Bruce, the 1950s, and American Humor menyebutkan stand up comedy sudah dikenal sejak tahun 50-an. Hollowell menulis sejumlah nama yang bersinggung dengan stand up comedy di 50-an seperti Jack Benny, Fred Allen, and Bob Hope.

Jadi, Sejarah stand-up comedy dimulai sejak abad 18 di Eropa dan Amerika. Dalam sejarahnya perkembangan stand up comedy juga ditemui di berbagai benua. Di dunia, terutama di Amerika Serikat, stand-up comedy sudah berlangsung sejak lama. Ada yang menyebutkan sudah ada sejak abad ke-18. Makin berkembang di tahun 1960-an.

Sejarah panjang lahirnya StandUp Comedy dimulai sekitar tahun 1800an di Amerika yang saat itu untuk pertama kalinya masih berwujud teater. Dahulu di amerika ada sebuah teater yang bernama The Minstrel Show yang diselenggarakan oleh Thomas Dartmouth “Daddy” Rice.

The Minstrel Show
The Minstrel Show


Thomas Dartmouth Rice saat berperan menjadi Jim Crow
Thomas Dartmouth Rice saat berperan menjadi Jim Crow

The Minstrel Show memulai kiprahnya tepat sebelum terjadi perang saudara di Amerika. Meskipun lawakannya masih berbentuk lawakan yang sangat simple, akan tetapi justru mendapatkan animo yang sangat besar dari warga Amerika saat itu. Terutama dari warga Amerika dengan kalangan menengah ke atas. Akan tetapi acara ini banyak mengandung unsur rasisme yang sangat menonjol, contoh nyatanya adalah para comic nya yang dengan sengaja menghitamkan muka mereka yang bertujuan untuk mengejek warga Amerika yang berkulit hitam / orang berkulit hitam.

Pada saat itu Mic belum lahir , para comic melucu dengan cara Slapstick atau yang lebih dikenal sekarang dengan Physical joke. Meskipun begitu, acara ini mampu bertahan hingga memasuki abad ke 20.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan the minstrel show semakin lama justru semakin menjurus ke arah teater musikal bertema komedi pada segmen pertamanya. Pada segmen kedua ada sebuah acara yang disebut The Olio yang dibawakan oleh sebuah group yang berjumlah 2 orang bernama “The Endmen” yang dalam aksinya mereka melakukan sejenis pidato yang dalam isinya bersifat menyindir para politisi atau hanya sekedar membahas kehidupan sehari-hari. Dan justru dari sinilah dimulainya awal kehidupan StandUp Comedy.

the endmen
the endmen

Ketika The Minstrel Show mulai redup, dan pada saat itu (awal abad 20 an) lahirlah sebuah teater yang bernama “Vaudeville”. Vaudeville sendiri masih tampil dengan format yang bisa dikatakan mirip dengan The Minstrel Show, bedanya Vaudeville sudah merata ke hampir semua entertainment seperti komedi, musik, sulap dll. Namun ada satu perbedaan yang sangat mencolok antara Vaudeville dengan The Minstrel Show yaitu para pelawak Vaudeville mulai sering melakukan one man show meskipun masih sering menggunakan Slapstick karena memang pada saat itu belum ada MIC yang bisa membuat para penonton mendengar apa yang diucapkan oleh para Comic.

vaudeville
vaudeville

Dan pada saat yang sama lahirlah sebuah show tandingan bagi Vaudeville yang bernama Burlesque yang lebih condong ke kalangan menegah kebawah. Hal ini sangat berbeda dengan Vaudeville yang sangat condong kepada kalangan menengah ke atas. Burlesque sendiri meniru / mengadopsi segmen / bagian The Olio milik Minstrel Show yang mana para pelawaknya menggunakan monolog dan pidato sebagai bentuk lawakan mereka,dengan setting panggungnya yang kecil dan lebih akrab dan bersahabat kepada penonton.

burlesque (American burlesque on Ben-Hur)
burlesque (American burlesque on Ben-Hur)

Seiring berkembangnya tekhnologi maka ditemukanlah MIC, Vaudeville kembali berjaya melalui Comic Will Rogers yang mana salah satu comedian pertama yang menjadi Political Stand-Ups.

will rogers
will rogers

Seiring berkembangannya teknologi dengan munculnya Radio dan Televisi, Komedi dengan format Stand-Up mulai dikenal luas namun justru mengalami penurunan, hal ini terjadi karena pada saat itu orang-orang lebih meminati acara musik live,dan night club. Akhirnya Vaudeville maupun Burlesquet sedikit demi sedikit mulai meninggalkan komedi tunggal ini, dan akhirnya mereka cuma menjadi cafe musik biasa.

Akan tetapi tidak semua comic menyerah begitu saja, mereka kembali mulai melakukan komedi tunggal dengan format StandUp melalui cafe-cafe dan sejenisnya. Dan pada akhirnya ada beberapa stasiun televisi yang bersedia membuat sebuah acara dengan format StandUp Comedy seperti, The Ed Sullivan Show , The Tonight Show, hingga akhirnya pada tahun 1959 lahirlah sebuah acara The Steve Allen Show yang menampilkan seorang comic bernama Lenny Bruce.

Nah, The Tonight Show sampai sekarang masih ditayangkan. Pada awal penayangannya, yaitu tahun 1954-1957 dibawakan oleh Steve Allen. Tahun 1957-1962 dibawakan oleh Jack Paar. Tahun 1962-1992 dibawakan oleh Johnny Carson. Tahun 1992-2009 dibawakan oleh Jay Leno. Tahun 2009-2010 dibawakan oleh Conan O’Brien. Tahun 2010-2014 dibawakan lagi oleh Jay Leno, dan akhirnya tahun 2014 hingga sekarang dibawakan oleh Jimmy Fallon. Jika mendengar nama Jimmy Fallon tak akan asing dengan acara Saturday Night Live aatu yg lebih dikenal dengan SNL.

the ed sullivan show
the ed sullivan show

the steve allen show
the steve allen show

lenny bruce
lenny bruce

the tonight show starring steve allen
the tonight show starring steve allen

the tonight show starring jack paar
the tonight show starring jack paar

the tonight show starring johnny carson
the tonight show starring johnny carson

the tonight show starring jay leno
the tonight show starring jay leno

the tonight show starring conan o'brien
the tonight show starring conan o’brien

the tonight show starring jimmy fallon
the tonight show starring jimmy fallon



Gimana menurut kalian? Bukan perjalanan yg singkatkan?
Post berikutnya mungkin admin bakal update tentang perkembangan standup comedy di Indonesia. Jadi jangan bosen-bosen ya mampir terus ke blog ini.

0 Response to "SEJARAH STAND UP COMEDY"

Posting Komentar