SEJARAH E-BOOK

Seiring dengan berkembang pesatnya e-learning, maka dibutuhkan pula buku yang dapat dikirim melalui teknologi internet dan dibaca dengan menggunakan computer atau perangkat lain yang disebut e-book reader. Dan karena buku tersebut bersifat elektronik, maka orang menyebutnya e-book atau elektronik book.

E-book atau buku elektronik adalah salah satu bentuk teknologi yang memanfaatkan computer untuk menayangkan informasi multimedia dalam bentuk yang ringkas dan dinamis. Bentuk e-book pun bermacam-macam, mulai dari bentuk yang paling sederhana yang sekedar memindahkan buku konvensional menjadi bentuk soft-copy atau elektronik dan dapat dibaca melalui computer. Dengan teknologi ini ratusan buku dapat disimpan dalam sekeping CD maupun flashdisk, karena umumnya e-book seperti ini berukuran kurang dari 5 MB.

Selain e-book dalam bentuk sederhana, ada juga e-book yang lebih kompleks yang mengintegrasikan tayangan video, efek animasi, audio, gambar, dan unsur multimedia lainnya. Dan biasanya e-book jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar dibanding e-book yang hanya berisikan teks dan gambar saja. Contohnya adalah Seri Encarta Encyclopedia keluaran Microsoft.




E-book juga memiliki beberapa kelebihan diantaranya selain tersedia e-book berbayar, kadang-kadang ada juga situs yang menyediakan e-book secara gratis. E-book untuk pendidikan juga harganya lebih murah dibandingkan buku cetak atau konvensional. Ebook tidak membutuhkan kertas dan tinta. Itu berarti, pohon yang ditebang untuk pembuatan kertas pun dapat berkurang.

Dan kekurangan dari e-book adalah maraknya pembajakan membuat tidak semua buku yang dicetak tersedia juga versi elektroniknya. Jika media yang digunakan untuk menyimpan e-book rusak secara software/hardware maka koleksi e-book kita pun akan ikut lenyap.

0 Response to "SEJARAH E-BOOK"

Posting Komentar